PENILAIAN DALAM KURIKULUM 13 SIKAP, PENGETAHUAN, DAN
KETRAMPILAN
Berikut
ini adalah Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)Matematika SMP/MTs
yang terdapat dalamKerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs pada Permendikbud
Nomor 68 Tahun 2013.
1.
KOMPETENSI
INTI ( KI ) SMP/MTS
Kompetensi inti dirancang seiring dengan
meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti,
integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat
dijaga. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut.
1. Kompetensi
Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi
Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi
Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi
Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
2. KOMPETENSI DASAR MATA
PELAJARAN SMP/MTs
Guru wajibmengetahui KD tiap maple lihat di
standarisi
KELAS VII:
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1.
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti,
bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah.
2.2.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3.
Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan
karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1.
|
4. Mencoba, mengolah,
danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang/teori
|
4.1
|
3.
KETERKAITAN
KD DARI KI 3, KI 4 DENGAN KD DARI KI 2 DAN KI 1
Baik pembelajaran langsung maupun
pembelajaran tidak langsung terjadi secara terintegrasi dan tidak
terpisah.Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD
yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4.
Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan
menjadi wahana untuk mengembangkan KD
pada KI-1 dan KI-2.
Contoh
Topik: ………………
Kelas: VII
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif,
dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu penge-tahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.5
Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat
generalisasi (kesimpulan)
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1 Menggunakan pola dan
generalisasi untuk menyelesaikan masalah
|
Sikap-sikap yang
tercermin pada KD 1.1, KD 2.1, KD 2.2, KD 2.3 bukan dibelajarkan secara
langsung, melainkan dikembangkan melalui
proses pembelajaran KD 3.5 dan KD 4.1..
Macam fokus sikap yang akan dikembangkan atau ditumbuhkan melalui pembelajaran
KD 3.5 dan KD 3.1 dapat dipilih diantara sikap-sikap yang termuat dalam KI-1,
KI-2, KD 2.1, KD 2.2 dan KD 2.3.
Misalkan selama proses
belajar KD 3.5 dan KD 4.1 dipilih sikap-sikap yang akan ditumbuhkan adalah bertanggung jawab (ada di KD 2.1), rasa
ingin tahu dan tertarik pada matematika (ada di KD 2.2), menghargai pendapat
dan karya teman (ada di KD 2.3), jujur dan disiplin (ada di KI-2).Pemilihan
sikap-sikap tersebut didasarkan pada beberapa alasan.Dengan dipilihnya sikapbertanggung jawab, rasa ingin tahu dan
tertarik pada matematika, menghargai pendapat dan karya teman, jujur dan
disiplinyang akan ditumbuhkan atau dikembangkan melalui pembelajaran KD 3.5
dan KD 4.1, berarti pembelajaran dengan materi pokok Pola Bilangan mencakup KD
3.5, KD 4.1, KD 2.1, KD 2.2, dan KD 2.3.
0 komentar
Post a Comment