Wednesday, December 9, 2015

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN | SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN / SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING

Satuan Pendidikan                   :    SMP Taman Dewasa Kebumen
Kelas/semester                          :    VIII/I
Julmah Pertemuan                    :    I X Pertemuan
Tugas Perkembangan                :    Memahami kemampuan bersikap konsentrasi untuk meningkatkan prestasi belajar

Rumusan Kompetensi              :
1.      Materi/topik Bahasan   :    Meningkatkan Konsentrasi belajar
2.      Bidaang Bimbingan      :    Bidang Pengembangan Belajar
3.      Jenis Layanan               :    Layanan Informasi
4.      Fungsi layanan              :    Pemahaman dan Pengembangan
5.      Tujuan Layanan            :
a.       Sikap
-          Sikap Spiritual
Peserta didik dapat memeperaktikan sikap spiritual dengan berdo’a.
-          Sikap Sosial
Peserta didik dapat memeperaktikan sikap tanggung jawab disiplin dan percaya diri
b.      Pengetahuan
1.      Peserta didik dapat menunjukan 3 contoh sikap konsentarsi
2.      Peserta didik dapat menjelaskan cara konsetrasi yang benar
3.      Peserta idik dapat menjelaskan keuntungan bersikap konsetrasi dan sikap tidak konsetrasi dalam belajar
c.       Keterampilan
1.      Peserta didik dapat mendiskripsikan rencana untuk meningkatkan konsentrasi belajar
2.      Peserta didik mengerjakan mind map tentang konsentarsi belajar
6.      Sasaran layanan            :    Kelas 8/I
7.      Tempat Penyelenggara :    Ruang Kelas
8.      Waktu penyelenggara   :    1 X 40 Menit
9.      Penyelenggara Layanan    :     Guru BK
10.  Motode                         :    Tanya jawab, Game, membuat mind map, Presentasi
11.  Kegiatan/scenario         :

PERTEMUAN
a.    Kegiatan pertemuan
1.    Mengucapkan salam dan do’a
2.    Menanyakan pelajaran selanjutnya
3.    Mengecek kehadiran
4.    Guru menyampaikan tujuan layanan
5.    Guru mengajak bernyayi berdama untuk menghangatkan suasana
b.    Kegiatan inti
BERFIKIR
1.    Pembimbing menanyakan gambar-gambar elip-elip
2.    Peserta didik mengamati gambar menhitung dengan mata tidak boleh dengan mengerakan tangan
3.    Peserta didik menjawab dengan hasil hitungan tiap gambar elip-elip
4.    Peserta didik mendiskusikan tentang tujuan sebenranya setelah melaksanakan kegiatan.
5.    Peserta didik menyimpulkan

MERASA
Guru mengajak berinsforming (curah pendapat) tentang manfaat yang dirasakan dari kegiatan
BERSIKAP
Peserta didik diajak untuk meningkatkan sikap konsentrasi dengan memusatkan seluruh perhatian, fikiran, dan fokus dalam belajar dengan menjauhkan apapun yang menghambat / menggangu belajar.
BERTINDAK
Peserta didik percaya diri dan menunjukan sikap konsentrasi dengan melaksanakan tugas-tugas Guru.
BERTANGGUNG JAWB
Peserta didik dapat menjadi lebih konsentrasi belajarnya dengan hasil prestasi yang  optimal
c.    Kegiatan penutup
1.      Guru mneyimpulkan bersama peserta didik
2.      Guru menyampikan pengumuman tentang tugas dan kegiatan minggu depan.
3.      Guru menutup pembelajaran dengan mengajak peserta didik bersyukur dan selalu berkonsentrasi dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar
12.  Sumber/bahan dan alat
a.    Sumber                     :    Yulita Rinstyastini Tim MGP & Kelompok Kerja Pengembangan Kurikulum Sanggar Bimbingan Konseling SMP 2014
b.      Alat                         :  Lembar tugas, gambar mind map


                                                                                                            Kebumen,  Agustus 2016
                       Mengetahui,
                     Kepala Sekolah                                                                           Guru BK



        Drs. RUSDI WINOTO, M.Pd                                                  Dra. SRI KADARSIH



AYO BERALTIH KONSENTARI

Pernahkah anda mengalami lupa, sulit berfikir, kurang konsentrasi atau mungkin tiba-tiba pikiran &kita blank. Jika anda mengalami hal demikian, segera lakukan kegiatan-kegiatan untuk melatih konsentrasi kembali. Dibawah ini saya coba sajikan cara yang sederhana untuk melatih konsentrasi dan kesabaran.
Latihan 1.
·         Hitunglah banyaknya elips hitam yang ada pada gambar tanpa ditunjuk atau menggunakan penunjuk,
·         Gunakan mata untuk menghitungnya
·         Lakukan sebanyak 3 kali

 Latihan 2.
·         Hitunglah banyaknya bulatan hitam yang ada pada gambar tanpa ditunjuk atau menggunakan penunjuk.
·         Gunakan mata untuk menghitungnya
·         Lakukan sebanyak 3 kali

Handout/Materi Layanan : YUK KITA BELAJAR BERKONSENTRASI!!
APA SIH KONSENTRASI ITU?
KONSENTRASI : adalah kemampuan seseorang untuk memperhatilkan atau fokus pada suatu hal. Contoh dan konsentrasi adalah konsentrasi dalam tulisan dan menyelesaikan masalah. Apapun kegiatannya yang penting fokus, konsentrasi pada aktivitas yang sedang berlangsung. Mengumpulkan semua energi yang terpencar untuk fokus hanya kepada satu hal. Apabila benar-benar menguasai, konsentrasi memililki manfaat yang luar biasa.
Latihan:
1.      Coba perhatikan gambar!
2.      Hitunglah banyaknya elips hitam yang ada pada gambar!
3.      Gunakan mata untuk menghitung!
4.      Berapa elips yang kamu temukan?
Bahan Diskusi
a.   Berapa kelompok yang dapat menghasilkan/menghitung elips pada gambar?
b.  Apa kesan dan perasaan setelah menghitung dan melihat film?
EVALUASI
1.      Apa definisi konsentrasi?
2.      Apa manfaat berkonsentrasi dalam proses pembelajaran?
3.      Mengapa harus berkonsentrasi?
4.      Apakah mau berlatih untuk bisa fokus dalam belajar? Apa yang harus dilakukan?


                                                                                                Kebumen,    2016
                                                                                                     Guru BK




                                                                                                Dra. SRI KADARSIH

0 komentar

Post a Comment