RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN / SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN
KONSELING
Satuan Pendidikan : SMP Taman Dewasa Kebumen
Kelas/semester : VIII/I
Julmah Pertemuan : I X Pertemuan
Rumusan Kompetensi :
1.
Materi/topik Bahasan : Meningkatkan
Konsentrasi belajar
2. Bidaang
Bimbingan : Bidang Pengembangan Belajar
3. Jenis
Layanan : Layanan Informasi
4. Fungsi
layanan : Pemahaman dan Pengembangan
5. Tujuan
Layanan :
a. Sikap
-
Sikap Spiritual
Peserta didik dapat
memeperaktikan sikap spiritual dengan berdo’a.
-
Sikap Sosial
Peserta didik dapat
memeperaktikan sikap tanggung jawab disiplin dan percaya diri
b. Pengetahuan
1. Peserta
didik dapat menunjukan 3 contoh sikap konsentarsi
2. Peserta
didik dapat menjelaskan cara konsetrasi yang benar
3. Peserta
idik dapat menjelaskan keuntungan bersikap konsetrasi dan sikap tidak
konsetrasi dalam belajar
c. Keterampilan
1. Peserta
didik dapat mendiskripsikan rencana untuk meningkatkan konsentrasi belajar
2. Peserta
didik mengerjakan mind map tentang konsentarsi belajar
6. Sasaran
layanan : Kelas 8/I
7. Tempat
Penyelenggara : Ruang Kelas
8. Waktu
penyelenggara : 1 X 40 Menit
9. Penyelenggara
Layanan : Guru BK
10. Motode : Tanya jawab, Game, membuat mind map,
Presentasi
11.
Kegiatan/scenario :
PERTEMUAN
a. Kegiatan
pertemuan
1. Mengucapkan
salam dan do’a
2. Menanyakan
pelajaran selanjutnya
3. Mengecek
kehadiran
4. Guru
menyampaikan tujuan layanan
5. Guru
mengajak bernyayi berdama untuk menghangatkan suasana
b. Kegiatan
inti
BERFIKIR
1.
Pembimbing menanyakan gambar-gambar
elip-elip
2.
Peserta didik mengamati gambar menhitung
dengan mata tidak boleh dengan mengerakan tangan
3.
Peserta didik menjawab dengan hasil
hitungan tiap gambar elip-elip
4.
Peserta didik mendiskusikan tentang
tujuan sebenranya setelah melaksanakan kegiatan.
5.
Peserta didik menyimpulkan
MERASA
Guru mengajak
berinsforming (curah pendapat) tentang manfaat yang dirasakan dari kegiatan
BERSIKAP
Peserta didik diajak
untuk meningkatkan sikap konsentrasi dengan memusatkan seluruh perhatian,
fikiran, dan fokus dalam belajar dengan menjauhkan apapun yang menghambat /
menggangu belajar.
BERTINDAK
Peserta didik percaya
diri dan menunjukan sikap konsentrasi dengan melaksanakan tugas-tugas Guru.
BERTANGGUNG JAWB
Peserta didik dapat
menjadi lebih konsentrasi belajarnya dengan hasil prestasi yang optimal
c. Kegiatan
penutup
1. Guru
mneyimpulkan bersama peserta didik
2. Guru
menyampikan pengumuman tentang tugas dan kegiatan minggu depan.
3. Guru
menutup pembelajaran dengan mengajak peserta didik bersyukur dan selalu
berkonsentrasi dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar
12. Sumber/bahan
dan alat
a. Sumber : Yulita Rinstyastini Tim MGP & Kelompok Kerja Pengembangan
Kurikulum Sanggar Bimbingan Konseling SMP 2014
b.
Alat : Lembar tugas, gambar mind map
Kebumen, Agustus 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK
Drs. RUSDI WINOTO, M.Pd Dra.
SRI KADARSIH
AYO BERALTIH KONSENTARI
Pernahkah
anda mengalami lupa, sulit berfikir, kurang konsentrasi atau mungkin tiba-tiba
pikiran &kita blank. Jika anda mengalami hal demikian, segera lakukan
kegiatan-kegiatan untuk melatih konsentrasi kembali. Dibawah ini saya coba
sajikan cara yang sederhana untuk melatih konsentrasi dan kesabaran.
Latihan 1.
·
Hitunglah
banyaknya elips hitam yang ada pada gambar tanpa ditunjuk atau menggunakan penunjuk,
·
Gunakan
mata untuk menghitungnya
·
Lakukan sebanyak 3 kali
Latihan 2.
·
Hitunglah
banyaknya bulatan hitam yang ada pada gambar tanpa ditunjuk atau menggunakan penunjuk.
·
Gunakan mata untuk menghitungnya
·
Lakukan sebanyak 3 kali
Handout/Materi
Layanan : YUK KITA BELAJAR BERKONSENTRASI!!
APA SIH
KONSENTRASI ITU?
KONSENTRASI : adalah
kemampuan seseorang untuk memperhatilkan atau fokus pada suatu hal. Contoh dan konsentrasi adalah konsentrasi dalam tulisan dan menyelesaikan masalah. Apapun
kegiatannya yang penting fokus, konsentrasi pada aktivitas yang sedang berlangsung. Mengumpulkan semua
energi yang terpencar untuk fokus hanya kepada satu hal. Apabila benar-benar menguasai, konsentrasi
memililki manfaat yang luar biasa.
Latihan:
1.
Coba perhatikan gambar!
2.
Hitunglah banyaknya
elips hitam yang ada pada gambar!
3.
Gunakan mata
untuk menghitung!
4.
Berapa elips yang kamu temukan?
Bahan Diskusi
a.
Berapa
kelompok yang dapat menghasilkan/menghitung elips pada gambar?
b. Apa kesan dan perasaan setelah menghitung dan melihat film?
EVALUASI
1.
Apa definisi konsentrasi?
2. Apa manfaat berkonsentrasi dalam proses pembelajaran?
3. Mengapa harus berkonsentrasi?
4.
Apakah mau
berlatih untuk bisa fokus dalam belajar? Apa yang harus dilakukan?
Kebumen, 2016
Guru BK
Dra.
SRI KADARSIH
0 komentar
Post a Comment